Minggu, 06 November 2016

Artificial Intelligence non robotic

Artificial Intelligence
(Anggi Yolanda F 11114234, Inne Meilyanti 1D114056, Wahyuni 1C114167)

        Kecerdasan Buatan (bahasa Inggris:Artificial Intelligence atau AI) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy,jaringan syaraf tiruan dan robotika.

       Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain sepak bola.

     Walaupun AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin.

    Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video game.

‘Kecerdasan buatan’ ini bukan hanya ingin mengerti apa itu sistem kecerdasan, tapi juga mengkonstruksinya. Tidak ada definisi yang memuaskan untuk ‘kecerdasan':

1. kecerdasan: kemampuan untuk memperoleh pengetahuan dan menggunakannya, atau

2. kecerdasan yaitu apa yang diukur oleh sebuah ‘Test Kecerdasan’

Tujuan Kecerdasan buatan:

Untuk mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah,masalah yang biasa diselesaikan melalui aktifivitas intelektual manusia, misalnya pengolahan citra,perencanaan, peramalan dan lain-lain, meningkatkan kinerja sistem informasi yang berbasis komputer.

Untuk meningkatkan pengertian/pemahaman kita pada bagaimana otak manusia bekerja

Berikut contoh aplikasi android dengan pengembangan AI saat ini :

WAZE



Tampilan awal




Tampilan Menu
Dan terdapat tampilan Menu pada aplikasi WAZE ini yang berisikan fasilitas-fasilitas antara lain:

Nevigasi, yang berfungsi sebagai alat petunjuk arah pada lokasi yang ingin dituju.
Waze saya, berisikan biodata atau profile pengguna.
Kirim, adalah fasilitas untuk mengirim lokasi pada pengguna lain.
Kotak Masuk berisikan pesan dari user lain.


Tampilan Laporan
         Hal unik dari aplikasi WAZE ini adalah adanya fasilitas berbagi laporan yang ada disekitar pengguna, jadi pengguna akan memberikan informasi bagi pengguna lain tentang kemacetan, polisi, kecelakaan, bahaya, harga BBM, obrolan Peta dan lain sebagainya. Hal ini sangat bermanfaat sekali bagi pengguna lain tentang kondisi jalan yang mungkin akan dituju dan juga sebagai media social dalam mengirim pesan-pesan.




Hasil Review:
         Diatas adalah sedikit gambaran tentang aplikasi WAZE, dimana terdapat bermacam warna garis diatas yakni merah yang nenandakan sedang terjadi kemacetan dilokasi tersebut, dan ungu adalah arah sebagai nevigasi lokasi yang ingin dituju, dan juga terdapat berbagai macam emoticon WAZE disekitar yang menandakan bahwa terdapat pengguna lain yang juga menggunaan aplikasi WAZE ini yang sedang berada disekitar yang mana hal ini juga akan saling membantu dalam sharing informasi
pada wilayah tersebut.

Referensi :
  • http://dragonscream22.blogspot.co.id/2015/07/sistem-pakar-diagnosa-penyakit.html
  • Slide perkuliahan Stuart Russell's (Berkeley) http://aima.cs.berkeley.edu/
Anggi Yolanda F 11114234

Mata Kuliah : Pengolahan Teknologi Sistem Cerdas#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar