Minggu, 22 November 2015

PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM

Sumber daya alam memiliki peranan dalam pemenuhan kebutuhan manusia .untuk memudahkan pengkajiannya ,pemanfaatan SDA dibagi berdasarkan sifatnya,yaitu SDA hayati dan non hayati.

   Sumber daya alam hayati mempunyai nilai-nilai biologi ,ekonomi, dan budaya yang saling berkaitan . sumber daya alam hayati diperlukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya seperti pangan , sandang , papan dan kebutuhan industri .
 Beberapa pemanfaatan sumber daya alam hayati :
1. sebagai bahan pangan ,dimana tumbuh –tumbuhan ,hewan dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi bagi tubuh .contohnya :
   a. sumber karbohidrat :padi-padian  dan umbi-umbian .
   b. sumber protein         :kacang –kacangan ,daging hewan dan telur .
   c. sumber lemak            :kelapa,kelapa sawit dan lemak hewan.
   d. sumber vitamin         :buah-buahan,sayuran , daging, otak ,minyak ikan .
   e. sumber obat-obatan :berbagai jamur ,dan bakteri .
2. sebagai bahan sandang antara lain kapas ,kapuk ,ulat sutera ,wol ,dan kulit binatang .bahan tersebut diperlukan sebagai bahan penutup tubuh .
3. sebagai bahan papan antara lain kayu jati ,kayu mahoni ,kayu sengon ,bambu,kulit binatang.bahan tersebut dipergunakan sebagai tempat berlindung (papan).

     Sumber daya alam non hayati ialah sunber daya alam yang dapat di usahakan kembali keberadaannya dan dapat dimanfaatkan secara terus-menerus ,contohnya :air,angin ,sinar matahari, dan hasil tambang .

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBUTUHAN MANUSIA
A. KEADAAN ALAM (TEMPAT)

  Keadaan alam mengakibatkan perbedaan dalam memenuhi kebutuhan manusia. Orang yang berada di daerah kutub ,membutuhkan pakain yang tebal untuk menahan hawa dingin .lain halnya dengan kita yang tinggal di daerah tropis ,cukup memakai pakain yang tipis .oleh karena itu, tampak di sini bahwa keadaan alam dapat mendorong manusia untuk menginginkan barang-barang yang sesuai dengan kondisi alam di tempat yang bersangkutan .

B. AGAMA DAN KEPERCAYAAN 

  Ajaran agama yang berbeda –beda dapat mengakibatkan kebutuhan yang berbeda pula . misalnya orang penganut agama ISLAM saat menjelang hari raya idul fitri ,kebutuhan akan pakaian muslim akan meningkat tajam . berbeda halnya bagi penganut agama NASRANI ketika hari raya natal tiba orang-orang nasrani membutuhkan pohon natal dan bingkisan –bingkisan natal . dengan demikian masing-masing agama atau kepercayaan mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda.

C. ADAT ISTIADAT
  Adat atau tradisi yang berlaku di masyarakat sangat mempengaruhi kebutuhan hidup masyarakat .alasannya , suatu adat atau tradisi akan mempengaruhi baik perilaku maupun tujuan hidup kelompok masyarakat setempat . akibatnya tradisi yang berbeda –beda  akan menimbulkan kebutuhan yang berbeda pula .misalnya upacara perkawinan.pelaksanaan upacara antar daerah akan berbeda –beda .sehingga kebutuhan yang diperlukan pun akan berbeda pula .
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar